Universitas Widya Nusantara

Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program Pertukaran Mahasiswa adalah program yang diselenggarakan dalam rangka memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas Widya Nusantara untuk mengikuti perkuliahan perguruan tinggi lain yang relevan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri dalam bentuk perolehan angka kredit (credit earning) , transfer kredit (credit transfer), dan kegiatan non-akademik berupa kegiatan ekstra-kurikuler, termasuk kegiatan pemahaman lintas budaya dan kepemimpinan sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

  1. Meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, perekat kebangsaan antar mahasiswa se-indonesia melalui pembelajaran antar budaya
  2. Mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan soft skill,kemampuan berkolaborasi dan beradaptasi dalam pergaulan di masyarakat dengan latar belakang yang beragam.
  3. Memperkaya pengalaman belajar siswa di perguruan tinggi lain melalui transfer kredit (credit transfer) dan perolehan kredit (credit earning). 
  4. memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas jejaring dan wawasan secara global.
  5. Meningkatkan mutu pendidikan tinggi melalui penguatan keunggulan komparatif perguruan tinggi masing-masing.
  6. Membangun persahabatan mahasiswa antardaerah, suku, budaya, dan agama sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Persyaratan Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4 :

  1. Syarat pendaftaran PMM 4
  2. Mahasiswa aktif D3 atau S1 terdaftar di PDDikti
  3. Minimal Semester 3 (tiga) pada saat pendaftaran berlangsung.
  4. Warga Negara Indonesia yang memiliki NIK, dibuktikan dengan scan dokumen kependudukan seperti KTP atau surat keterangan Domisili
  5. IPK minimal 2,80 Skala 4 , dibuktikan dengan transkrip nilai akademik
  6. Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM) Mahasiswa secara digital di laman PMM
  7. Memilliki akun rekening Bank Mandiri aktif , dibuktikan dengan hasil scan buku tabungan atas nama mahasiswa pendaftar.
  8. Memiliki Asusransi Kesehatan, dibuktikan dengan bukti kepemilikan akun BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan lainnya yang aktif.

Pendaftaran dilakukan pada laman https://pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

Sosialisasi PMM dan Materi Sosialisasi

Materi Sosialisasi pmm 4 dapat diunduh di link berikut :

Kampus Mengajar Angkatan 7

Persyaratan umum pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 7:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. mahasiswa aktif pada program diploma tiga, diploma empat/sarjana terapan, dan sarjana yang terakreditasi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam koordinasi  Kemendikbudristek; 
  3. pada saat pelaksanaan Program Kampus Mengajar, minimal terdaftar pada semester 4 (empat); 
  4. memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol); 
  5. belum pernah ditetapkan sebagai mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar;
  6. bersedia mengikuti, melaksanakan, dan menyelesaikan Program Kampus Mengajar hingga selesai; dan
  7. sehat jasmani dan rohani.

Dokumen yang perlu disiapkan oleh Mahasiswa untuk pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 7: 

No.

Nama Dokumen

Status

Keterangan dan Format Dokumen

1.

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Wajib

  1. Foto/scan KTP

2

Bukti Asuransi/BPJS

Dokumen Pendukung

  1. Foto/scan bukti asuransi/BPJS

LINI MASA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7

Kampus Mengajar Angkatan 7

  • Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 7 (1–24 November 2023)

Pada tahapan ini Mahasiswa sudah bisa mendaftarkan diri pada program melalui https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar

  • Proses Seleksi Administrasi dan Substansi (1 November – 22 Desember 2023)

Periode waktu dilaksanakannya rangkaian seleksi Program Kampus Mengajar calon Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan oleh tim program.

  • Pengumuman dan Konfirmasi Penerimaan Mahasiswa (26–29 Desember 2023)

Mahasiswa dinyatakan lulus dan melakukan konfirmasi menerima program di laman MBKM.

  • Pemetaan Sekolah Penempatan (2–16 Januari 2024)

Mahasiswa dan DPL akan ditempatkan di sekolah penugasan yang terdekat dari wilayah domisili.

  • Pembekalan Peserta (22 Januari–12 Februari 2024)

Mahasiswa, DPL, dan Koordinator PT akan diberi pembekalan yang dilakukan secara daring dalam bentuk materi, pelatihan, dan workshop.

  • Koordinasi dan Komunikasi Mahasiswa dan DPL dengan Dinas Pendidikan dan Sekolah (18 Januari–19 Februari 2024)

Peserta yang sudah memperoleh informasi penempatan dan berkoordinasi dengan kelompok serta DPL dapat melakukan koordinasi kepada Dinas Pendidikan setempat.

  • Pelepasan Mahasiswa (15 Februari 2024)

Seluruh peserta akan dilepaskan serentak secara nasional dan bertugas di sekolah yang sudah ditetapkan.

  • Penugasan (19 Februari–9 Juni 2024)

Selama masa penugasan, peserta wajib mengisi laporan rutin yang telah ditetapkan oleh Tim Program Kampus Mengajar dan menyusun laporan akhir di akhir masa penugasan.

  • Penarikan Mahasiswa (12 Juni 2024)

Di akhir periode penugasan, seluruh peserta akan ditarik kembali dari sekolah penempatan secara nasional dan serentak.

Materi Sosialisasi Kampus Mengajar Angkatan 7 dapat diunduh di link berikut :

Syarat dan Ketentuan Mahasiswa Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB)

  1. Mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya.
  2. Mahasiswa aktif dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) atau yang belum dinyatakan lulus dari program studi terakreditasi dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).
  3. Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat mendaftar program:
  • D2: minimal semester 3
  • D3: minimal semester 4
  • D4 dan S1: minimal semester 5

 

  1. Mahasiswa berstatus aktif atau belum yudisium selama program MSIB berjalan
  2. Data Mahasiswa terdaftar di PDDIKTI dan data sudah sesuai dengan nama di KTP Mahasiswa.
  3. Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu (fulltime) dan fokus pada program MSIB
  4. Mahasiswa wajib mengunggah dokumen berikut:
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Transkrip Nilai
  • Asuransi Kesehatan
  • Foto/scan KTP
  1. 19 Oktober 2023 – 27 Desember 2023 : Sosialiasi ke Perguruan Tinggi
  2. 19 Oktober 2023 – 15 Desember 2023 : Pendaftaran Mahasiswa Verval Dokumen Mahasiswa oleh Perguruan Tinggi
  1. 18 Desember 2023 – 19 Januari 2024 : Seleksi dan Offering Mahasiswa oleh mitra
  1. 16 Februari 2024 – 30 Juni 2024 : Onboarding ( Pelaksanaan Program)
  2. 27 Februari 2024 – 10 Maret 2024 : Mobilisasi Keberangkatan
  3. 14 Maret 2024 – 17 April 2024 : Inisial Assessment
  4. 26 Juni 2024 – 07 Juli 2024 : Mobilisasi Kepulangan
  5. 19 Juni 2024 – 14 Juli 2024 : Final Evaluation Laporan Akhir Mahasiswa

Untuk info lebih lanjut mengenai pendaftaran di program magang dan studi independen bersertifikat (MSIB) Angkatan 6 bisa menonton di youtube, link dibawah ini:


HOTLINE MBKM UWN

 : 0853-4238-8171

Komentar